Jumat, 24 Januari 2020

Macam-Macam Jenis Bahan Kulit yang Umum Digunakan Untuk Bikin Sepatu


Sepatu terbuat dari berbagai jenis bahan sesuai dengan model dan jenis sepatunya namun salah satu bahan baku yang paling sering digunakan untuk bikin sepatu yaitu bahan kulit. Bahan baku dari kulit juga terbagi lagi karena memiliki tekstur dan kualitas yang berbeda-beda. Setiap sepatu kulit pastinya memiliki tampilan yang berbeda-beda karena bahan yang digunakan juga berbeda. Sebelum membeli sepatu, anda bisa memahami terlebih dahulu jenis bahan kulit untuk membuat sepatu.

Macam-Macam Jenis Bahan Kulit yang Umum Digunakan Untuk Bikin Sepatu

Jenis Bahan Kulit Untuk Bikin Sepatu

1.       Nappa
Sepatu berbahan nappa memiliki banyak pilihan warna karena memang telah diproses dengan pewarnaan agar sepatu memiliki tampilan yang lebih bagus dan elegan. Tekstur permukaannya juga sangat halus dan mengkilap. Hanya saja permukaan sepatu mudah retak jika tidak dirawat dengan baik.

2.       Buk / Nubuck
Sepatu yang terbuat dari kulit buk memiliki tekstur permukaan hampir mirip dengan suede, hanya saja memiliki bulu-bulu serabut yang lebih banyak sehingga teksturnya lebih halus dan lembut dibandingkan kulit suede. Keduanya sama-sama memiliki kekurangan yang sama yaitu mudah kotor dan berdebu karena bulunya.

3.       Milling
Sepatu yang terbuat dari bahan kulit milling memiliki tekstur permukaan yang lembut dan halus serta tahan lama. Sepatu milling umumnya juga bersifat awet dan tahan lama sehingga dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

4.       Full Grain
Sepatu full grain memiliki bahan yang cukup tebal dan juga memiliki pori-pori yang kecil namun masih memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga kulit kaki dapat bernafas dan sepatu tidak mudah bau.

5.       Pull up
Pull up memiliki ketebalan yang cukup tipis karena proses pengolahannya ditarik hingga menghasilkan ketebalan yang tipis. Meskipun begitu, sepatu berbahan pull up masih tetap memiliki daya tahan yang kuat dan baik serta tahan lama.

6.       Suede
Suede memiliki tekstur permukaan yang sedikit berbulu sehingga permukaannya lebih halus dan lembut ketika disentuh. Banyak sekali jenis sepatu yang menggunakan bahan suede namun sering disamakan dengan bahan beludru. Beludru merupakan kulit sintetis sedangkan suede berasal dari kulit asli. Sepatu suede memiliki tampilan yang elegan sayangnya mudah kotor karena bulu-bulunya yang mudah terkena debu dan kotoran.

7.       Brush Off
Sepatu yang terbuat dari bahan brush off memiliki tekstur permukaan yang mengkilap dan halus sehingga mudah dibersihkan jika terkena noda kotoran. Hal ini karena sepatu dilapisi dengan suatu bahan seperti akrilik untuk melindungi permukaan sepatu sehingga dapat dibuat mengkilap kembali dengan produk khusus.

Inilah beberapa bahan kulit yang digunakan untuk membuat berbagai jenis sepatu bahkan bisa saja anda sedang menggunakan sepatu yang terbuat dari salah satu bahan ini. Selain membeli sepatu jadi, ternyata anda juga bisa bikin sepatu dengan desain sendiri di custom.co.id. Buatlah sepatu dengan desain sesuai keinginan anda sendiri.

Deskripsi : bikin sepatu kulit umumnya terbuat dari jenis kulit yang berbeda-beda sesuai dengan jenis sepatu dan modelnya.